AJRAtma Jaya Radio

         

Press Confrence Festival Film Dokumenter (FFD) 2015 Yogyakarta

Pada hari kamis lalu (3/12/2015), telah diadakan Press Confrence Festival Film Dokumenter (FFD) 2015. Bertempat di halaman depan nanasri sekretariat FFD, Jalan Sajiono nomor 15 Kotabaru, Yogyakarta. Beberapa awak media berkumpul bersama untuk mendengarkan pemaparan dari pihak FFD secara langsung tentang apa sebenarnya FFD dan bagaimana tekni spelaksanaannya.
Press Confrence ini dihadiri oleh empat pembicara, yakni Franciscus Apriwan selaku Programmer, Ukky Satya selaku Competition Coordinator, Ayu Diyah Cempaka selaku Program Coordinator, dan Henricus Pria selaku Masterclass Coordinator. Press Confrence ini sendiri digunakan sebagai sarana oleh FFD untuk menyebarluaskan info mengenai festival tersebut sehingga semakin banyak orang yang menikmati festival film Dokumenter (FFD).

Picture6

Dari kanan ke kiri : Franciscus Apriwan (Programmer), Ukky Satya (Competition Coordinator), Ayu Diyah Cempaka (Program Coordinator), Henricus Pria (Masterclass Coordinator)

Tahun ini FFD akan dilaksanakan dari tanggal 7 hingga 12 Desember 2015 di komplek Taman Budaya Yogyakarta (TBY) dan IFI-LIP. FFD kali ini mengusung tema besar “Re-Defining”yang bermakna bahwa sekarang banyak sekali orang-orang sebagai individu mempertanyakan perkara identitas diri. Maka, tema tersebut diambil untuk dijadikan sebagai refleksi untuk menemukanapa yang di cari.
FFD yang ke 14 ini memiliki dua program yang sangat special dan menarik, yakni program kompetisi dimana tahun ini animo masyarakat sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan jumlah entry film terbanyak selama 14 tahun festival ini berjalan, yakni 133 film dengan rincian 11 film kategori panjang, 96 film kategori pendek, dan 26 kategori pelajar yang diseleksi oleh juri-juri hebat dari berbagai belahan dunia. Kemudian untuk program non kompetisi, ada program perspektif, program spectrum yang dibuat untuk mengapresiasi film-film menarik di luar pakem film documenter. Selain itu, ada pemutaran film-film dari belahan dunia dan tentunya menarik seperti Docu Francais, Thai Docs, Korean Youth Docs, dan Asian Docs.
Lalu, ada program lain yang dilangsungkan di FFD yakni program Masterclass yang terbagi menjadi 2, Good Pitch :Create, Connect, and Change serta Docs in Progress. Good Pitch :Create, Connect, and Change merupakan seminar dan diskusi mengenai good pitch yang bekerjasama dengan In-docs Jakarta dan Britdoc dari Inggris. Seminar tersebut akan diisi oleh Elise Mc Cave (Deputy Director of BRITDOC) di Auditorium IFI/LIP Yogyakarta (Jalan Sagan, Gondokusuman) pada 8 Desember 2015. Sedangkan, Program Docs in Progress merupakan program untuk menambah wawasan para filmmaker Indonesia dan akan dilaksanakan pada 8-11 Desember 2015 di Tembi Rumah Budaya. (NP)

   

Comments are closed.