AJRAtma Jaya Radio

         

Radio Announcer Competition 2016, Ajang Seru Penambah Ilmu

Radio Announcer Competition atau dalam bahasa Indonesia berarti lomba penyiar radio yang merupakan lomba pada tingkat nasional dan juga merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Atma Jaya Radio dan menjadi salah satu bagian atau mata lomba dari perhelatan Comminfest 2016. Acara Comminfest merupakan acara tahunan dengan misi mewadahi kreatifitas, bakat, serta peran aktif mahasiswa dalam berbagai bentuk perlombaan di bidang Ilmu Komunikasi yang diselenggarakan oleh Universitas Atma Jaya Yogyakarta khususnya pada jurusan Ilmu Komunikasi. Tahun 2016 merupakan tahun ke-3 diadakannya Comminfest dengan bertemakan Back For The Future.

Pada tahun ke-3 ini juga, Atma Jaya Radio untuk ketiga kalinya ikut meramaikan acara comminfest dengan diadakannya Radio Announcer Competition atau disingkat RAC dengan tema Gen Y : Ayo Bangkit. Maksud dari tema tersebut adalah generasi muda atau gen Y terutama mahasiswa diharapkan dapat berekspresi dan berkarya lewat radio agar tidak hanya menjadi generasi muda yang mengkritik tanpa memiliki dasar, tetapi lewat karyanya bisa menjadi generasi yang membantu pemerintah memecahkan permasalahan di negeri ini.

Pendaftaran Radio Announcer Competition 2016 sudah dibuka sejak 14 Maret 2016 dan berakhir pada tanggal 30 April 2016. RAC 2016 memiliki dua babak kompetisi, yaitu babak penyisihan dan babak final. Babak penyisihan merupakan tahap awal dari rangkaian acara Radio Announcer Competition 2016. Tim peserta terdiri dari mahasiswa aktif S1 dan Peserta mengirimkan script dan rekaman suara siaran dengan durasi 5 menit berisi opening, isi, dan closing saat siaran dan dikirimkan melalui email RAC 2016. Kemudian hasil karya yang telah terkumpul dengan jumlah total 30 hasil karya yang berarti terdapat 30 peserta, masuk ke tahap penjurian yang telah dilaksanakan pada tanggal 24 April dan 2 Mei 2016. Dari 30 peserta telah diseleksi menjadi 20 finalis. Seluruh finalis akan diundang untuk mengikuti babak selanjutnya di Yogyakarta pada tanggal 13-14 Mei 2016.

Sebelum memasuki tahap babak final, Hari Jumat 13 Mei 2016 RAC juga mengadakan workshop yang dibuka untuk umum dan tentunya wajib diikuti oleh 20 finalis. Workshop tersebut diadakan di lantai 4 Auditorium FISIP UAJY dengan bertemakan “How To Be A Good Radio Annoucer?” dan diikuti oleh 30 peserta. Acara tersebut berlangsung dari pukul 10.00-14.00 WIB dengan pembicara Jeje penyiar radio Prambors Jakarta dan Lusy Laksita manajer sekaligus penyiar dari Ardia FM. Selain dari pembicara yang aktif memberikan berbagai pengalaman dan tips maupun trik untuk menjadi penyiar yang handal, para peserta pun sangat antusias untuk menanyakan berbagai hal mengenai bagaimana menjadi penyiar yang unik dan khas. Setelah acara workshop berakhir, kemudian 20 peserta mendapat briefing untuk persiapan babak final esok hari.

Hari yang ditunggu pun akhirnya tiba, tanggal 14 Mei 2016 berlangsung tahap final yang diadakan di lantai 3 Ruang Seminar FISIP UAJY. Pada tahap ini, 20 finalis berkesempatan untuk membuat script siaran radio yang akan mereka bawakan sesuai dengan topik baru yang didapatkan melalui pengundian setelah acara workshop sebelumnya. Satu per satu peserta pun masuk untuk dinilai oleh ketiga juri, yaitu Jeje (penyiar Prambors Radio), Lusy Laksita (manajer sekaligus penyiar Ardia FM), dan Josep J. Darmawan (dosen kajian media FISIP UAJY). Tahap final tersebut terdiri dari 2 babak, yaitu tahap individual yang berarti penilaian terhadap individu saat siaran dan tahap tandem yang merupakan siaran saling berpasang-pasangan yang kemudian menjadi penilaian tambahan untuk setiap individu. Setelah babak final berakhir, kemudian para finalis diundang untuk hadir dalam Awarding Night yang merupakan puncak acara dari comminfest 2016 dan merupakan pengumuman kepada para pemenang yang akan meraih juara I,II, dan III.

IMG_3075

Keseruan Final Radio Announcer Competition (RAC) – (dok. AJR)

Awarding Night Comminfest diadakan di Auditorium Kampus II UAJY. Pada tiap tahunnya, acara puncak diisi dengan tradisi Comminfest yaitu flashmob, acara tari-tarian dari beberapa ukm yang ada di UAJY dan penampilan dari band FISIP yang merupakan wujud terimakasih dari panitia untuk para peserta comminfest 2016 yang telah mengikuti serangkaian acara, sehingga acara tersebut dapat berjalan dengan lancar. Acara yang ditunggu-tunggu seluruh peserta mata lomba pun tiba, khususnya bagi peserta RAC 2016, yaitu pengumuman juara. Pemenang Radio Announcer Competition akhirnya jatuh kepada 3 peserta lomba dengan nilai tertinggi, yaitu Juara I Rahmania Santoso (Universitas Muhammadiyah Malang), Juara II Christy Priskila (Universitas Atma Jaya Yogyakarta), Juara III Yola Yusticia (Universitas Gadjah Mada). Rasa bahagia ternyata tidak hanya dimiliki oleh ketiga pemenang, namun juga seluruh peserta RAC 2016 dan juga seluruh panitia RAC 2016. Itulah yang menjadi inti dari sebuah perlombaan, bukan persoalan kalah atau menang, tapi bagaimana kita menyikapi kemenangan atau kekalahan itu. – BG

   

Comments are closed.