AJRAtma Jaya Radio

         

International Poomsae Seminar, Ajang Bergengsi Untuk Berguru

Taekwondo merupakan olahraga yang berasal dari Korea, dan tentunya  sudah tidak asing lagi di telinga kita. Pada tanggal  22 dan 23 di  bulan ke tujuh di tahun 2016 yang lalu, telah diselenggarakan International Poomsae Seminar dengan pembicara Grand Master Ik Pil Kang dari Korea Selatan. Beliau merupakan orang yang memiliki kredibilitas tinggi karena beliau merupakan pemegang sabuk hitam, DAN9, lalu sudah mengajarkan poomsae ini selama 10 tahun di daerah Eropa.

Seminar yang diselenggarakan  oleh UKM Taekwondo Universitas Atma  Jaya Yogyakarta (UAJY)  ini diadakan di Auditorium Gedung Thomas Aquinas Kampus II UAJY, dan seminar ini merupakan pertama di Indonesia yang memiliki konsep terbuka untuk umum seperti ini. Biasanya, ajang seperti ini hanya diperuntukkan oleh kalangan tertentu saja. Pada kesempatan kali ini, UAJY  ingin sekali memberikan kontribusi  dalam dunia olahraga khusus nya taekwondo karena taekwondo ini dianggap potensial dan UAJY ingin mewadahi orang-orang yang ingin mendalami taekwondo  secara lebih serius.

Acara ini diawali dengan presscon  yang dihadiri oleh berbagai macam media, lalu dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Grand Master Ik Pil Kang dengan praktik langsung yang ditirukan oleh para peserta atau biasa disebut taekwondoin.  Para taekwondoin ini berjumlah kurang lebih 70 orang yang berasal dari berbagai macam daerah di Indonesia seperti Pontianak, Makassar, Medan, Aceh, Jawa, dan lain-lain.

IMG-20160722-WA0030

Grand Master Ik Pil Kang saat memberikan materi (doc. HUMAS UAJY)

Dalam seminarkali ini  diberikan teknik dasar seperti gerakan maju ke depan, memukul, memutar, tendangan,  dan cara mengatur kekuatan yang baik. Seluruh hal ini penting untuk diperhatikan karena ”belajar Poomsae akan lebih baik apabila dipelajari secara detail”.  Ujar Grand Master Ik Pil Kang.

Selain itu, beliau juga berkata bahwa ada tiga hal yang diperlukan untuk menjadi seseorang yang ahli, yaitu ada guru yang baik, tekad yang kuat, dan kemauan untuk mencoba. – NPM

   

Comments are closed.