AJRAtma Jaya Radio

         

Pesona Gunung Api Purba

Gunung api purba terletak di Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hanya membutuhkan waktu satu setengah jam untuk sampai ketempat ini. Setelah sampai, kita tidak bisa langsung mencapai puncak Gunung Purba tetapi harus berjuang untuk mendaki sekitar 700 mdpl yang membutuhkan waktu sekitar satu jam.  Biasanya Gunung Purba dijadikan tempat untuk melihat matahari terbit dan matahari terbenam, tetapi mayoritas orang datang memilih untuk melihat matahari terbit.

Gunung Aapi Purba [foto : Putu Bayu W. K. J.]

Gunung ini termasuk tempat yang masih jarang terdengar mungkin hanya segelintir orang saja yang mengetahuinya karena saat tiba di puncaknya sama sekali tidak ada orang. Kebanyakan dari mereka hanya puas pada beberapa tempat yang letaknya di bawah puncak gunung. Padahal jika mereka mau naik sedikit saja mereka bisa mendapatkan pemandangan yang luar biasa.

Pemandangan dari puncak gunung [foto: C. Wara Ola]

Untuk datang ke Gunung Api Purba hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp15.000,00 saja sudah bisa masuk dan menikmati pemandangannya. Jika ingin melihat matahari terbit diusahakan untuk sampai kesini sekitar pukul lima pagi dan jika kedaan hujan lebih baik tidak berkunjung ke tempat ini karena ketika hujan jalannya menjadi licin dan berbahaya. [SP]

   

Comments are closed.