Atma Jaya RadioAtma Jaya Radio

         

IPTEK: Perlukah Secondary Handphone?

Sobat-sobat Atma yang budiman dan budiwati bagaimana kabarnya?. Semoga baik. Sebagai mahasiswa kini kebutuhan kita  semakin bertambah, tidak terkecuali kebutuhan kita dalam berkomunikasi. Baik itu berkomunikasi dengan teman-teman sesama mahasiswa, berkomunikasi dengan keluarga atau bahkan dengan dosen mata kuliah. Karena itu kita sebagai mahasiswa terkadang membutuhkan Handphone dengan spesifikasi yang baik untuk dapat menunjang kebutuhan komunikasi yang semakin padat itu.

Ada yang hanya menggunakan 1 handphone sebagai daily driver ada juga yang memerlukan secondary handphone atau memerlukan 2 handphone dalam aktivitas komunikasinya. Tapi sebenarnya seberapa perlu kita menggunakan secondary handphone?, coba kita lihat.

Sebagai seorang mahasiswa, saya memiliki 2 Handphone, yang satu digunakan sebagai daily drver, satunya sebagai back up secondary handphone. Saya sendiri memakai handphone lansiran apple yaitu iphone 6s keluaran tahun 2016, singkat sejarahnya handphone ini diberikan oleh sepupu saya febuari lalu karena dia sudah bisa membeli handphone yang lebih baik. Handphone daily driver saya yang sebelumnya, Samsung Galaxy Grand 2 keluaran 2015 turun pangkat dari daily driver ke secondary Handphone. Jika dilihat dari cerita saya, pada awalnya saya memang hanya memakai satu handphone yang difungsikan sebagai daily driver, karena beruntung saja saya bisa punya 2.

Jika sobat Atma lihat ada berbagai kelebihan jika sobat Atma memiliki 2 Handphone, salah satunya adalah sobat Atma bisa memaksimalkan kemampuan masing-masing handphone tampa menyiksa satu handphone lainya. Maksudnya adalah seringkali yang terjadi jika hanya memiliki satu driver saja maka seringkali kita akan memaksakan ruang penyimpanan dan kecepatan handphone itu sehingga menjadi tidak maksimal. Bisa saja over heat, bisa over memory atau chipsetnya akan down karena terlalu sering over heat. Maka untuk mencegah itu sobat Atma bisa memilih untuk mengambil Handphone kedua sebagai secondary dan back up handphone.             Saya sendiri membedakan penggunaan handphone utama dan secondary saya. Handphone utama saya, saya fungsikan sebagai alat  komunikasi efektif sehingga saya gampang untuk dijangkau. Sedangkan handphone kedua saya lebih saya fungsikan sebagai alat entertainment, seperti bermain game, sosial media atau untuk menonton youtube. Sehingga kinerja kedua handphone tidak terbebani dan tepat sasaran.

Namun tidak jarang ada teman-teman yang  tidak memiliki keberuntungan atau biaya yang memadai untuk memiliki 2 handphone hanya menggunakan 1 handphone. Memang tidak ada yang menyalahkan, toh ini merupakan pilihan sobat-sobat Atma masing-masing. Jika keadaannya seperti ini lebih baik sobat-sobat Atma menggunakan Handphone yang spek nya bagus sehingga bisa memungkinkan penggunanya menggunakanya dengan maksimal dan tidak khawatir rusak. Namun jika memang sobat Atma ingin memiliki handphone kedua, hanya untuk sekedar back up data. Ada banyak pilihan handphone yang baik dibawah harga 1 juta yang bisa jadi pilihan sobat Atma, contohnya ada Advan s6 plus yang dilansir seharga 800 ribuan saja. Speknya sudah cukup mumpuni untuk digunakan sebagai secondary handphone anda.

Pilihan sekarang kembali ke tangan anda. Anda bisa memilih menggunakan 1 Handphone daily driver dan memaksimalkan penggunaanya atau anda dapat memiliki secondary handphone sebagai back up anda jika terjadi sesuatu, atau anda bisa memisahkan penggunaan 2 handphone tersebut agar performanya tetap maksimal tampa terbebani.

YUDHA SETYA NUGRAHA

   

Comments are closed.