AJRAtma Jaya Radio

         

Ujian Konsistensi Dimulai: Jadwal Championship Series Resmi Dirilis

Poster Promosi NBL Press Release

Musim paling kompetitif dalam sejarah National Basketball League (NBL) Indonesia segera memasuki fase puncak. Setelah menjalani 198 pertandingan selama musim reguler, Speedy NBL Indonesia 2012-2013 tiba di babak ­­­ Series. Delapan tim terbaik akan saling menggugurkan, berebut gelar juara, pada 18-26 Mei mendatang di GOR UNY Jogjakarta.

Hari ini (30/4), PT Deteksi Basket Lintas (DBL) Indonesia selaku pengelola liga merilis jadwal resmi Championship Series. Kecuali Grand Final, babak ini memakai sistem double elimination. Tim harus kalah dua kali sebelum tersingkir.

Sesuai regulasi, delapan besar klasemen akan dibagi dalam dua pool. Satu kelompok berisikan peringkat 1, 4, 5, dan 8. Kelompok lainnya berisi peringkat 2, 3, 6, dan 7.

Pada 18 Mei, juara musim reguler, Dell Aspac Jakarta, akan membuka Championship Series melawan peringkat 8, Bimasakti Nikko Steel Malang (14.00 WIB). Setelah itu, Satria Muda BritAma Jakarta (peringkat 3) akan berjibaku dengan Stadium Jakarta (peringkat 6, 16.00 WIB).

Berlanjut dengan game yang diprediksi superketat. Yaitu peringkat 4, CLS Knights Surabaya, melawan peringkat 5, Garuda Kukar Bandung (18.00 WIB). Hari pertama lantas diakhiri dengan duel tim peringkat 2, Pelita Jaya Energi-MP Jakarta, melawan tim peringkat 7, Hangtuah Sumsel IM (20.00 WIB).

Peringkat dan siapa lawan siapa itu memang baru bisa dipastikan pada hari penutup musim reguler, di DBL Arena Surabaya, Minggu lalu (28/4). Ketatnya persaingan di papan atas, plus berkembangnya tim tengah dan bawah, menjadikan penentuan peringkat semakin sulit diprediksi.

“Banyak kejutan dari tim-tim papan bawah. Sangat menguji konsistensi kami. Memang kami juara regular season, tapi nggak mau takabur. Aspac nggak pengin kecolongan di akhir lagi seperti tahun lalu,” ungkap Dirk Matthew Mario Gerungan, kapten Dell Aspac Jakarta, yang tahun lalu menjadi runner-up liga.

Dengan hanya sekali kalah di musim reguler, Dell Aspac Jakarta memang  paling dijagokan menjadi kampiun. Mario menegaskan, pihaknya tak mau terlena. “Pelatih minta kami lebih fokus dan jaga kesehatan. Jangan sampai hal-hal sepele jadi masalah di akhir nanti,” imbuhnya.

Pihak penyelenggara pun mengantisipasikan Championship Series yang superseru, dengan penonton yang membeludak, seperti tahun lalu. Sistem gugur ganda (double elimination) dianggap meraih sukses besar tahun lalu, menjadikan babak playoff ini penuh dengan laga-laga mendebarkan.

“Tahun lalu puluhan ribu penonton menyaksikan babak Championship Series di Jogjakarta. Gedung yang bisa menampung lebih dari 7.000 penonton saja sampai tidak cukup. Kami yakin, dengan semakin ketatnya persaingan musim ini, suasana akan jadi lebih heboh lagi,“ kata Azrul Ananda, direktur PT DBL Indonesia sekaligus commissioner NBL dan WNBL Indonesia.

Babak Championship Series di Jogjakarta ini juga akan menampilkan fase akhir liga perempuan, Speedy Women’s National Basketball League (WNBL) Indonesia. Empat tim teratas klasemen lolos, dan akan beradu dalam sistem gugur tunggal. Menang lolos, kalah tersingkir.

Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta, nomor satu klasemen, akan berebut tiket Grand Final dengan pendatang baru, Medco Merah Putih Predators Jakarta. Di semifinal lain, Surabaya Emdee Fever akan bertanding ketat dengan Sahabat Semarang.

“Semua sesuai target tim musim ini. Kekuatan lawan sudah dipetakan. Adaptasi sudah bagus. Kami fokus dan kami siap menghadapi final four,” ujar Windi Hastari, kapten Medco Merah Putih Predators Jakarta.

Sementara itu, sebelum Championship Series, pengelola liga akan mengumumkan berbagai award individual dari musim reguler. Bahkan gelar paling bergengsi, Most Valuable Player (MVP) musim ini akan diketahui dalam waktu dekat. MVP akan mendapatkan satu unit mobil All-New Chevrolet Aveo. Jadwal lengkap Speedy NBL Indonesia 2012-2013 Championship Series dapat dilihat di lampiran rilis ini atau akses www.nblindonesia.com. (*)

   

Belum ada komentar

Poskan Komentar