Atma Jaya RadioAtma Jaya Radio

         

Pelatihan Skill Siaran Atma Jaya Radio

Penyiar AJR saat mempraktekkan siaran di Call Box AJR

Atma Jaya Radio (AJR) pada Minggu, 9 November 2014 mengadakan pelatihan skill siaran yang diikuti oleh anggota AJR angkatan 11 dan 12. Pelatihan tersebut diadakan di Studio Laboratorium Audio Visual, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Pelatihan skill siaran yang berlangsung dari jam delapan pagi hingga jam dua siang tersebut bertujuan memberikan pelatihan dasar mengenai teknik bersiaran yang baik dan benar. Oleh karena itu, Atma Jaya Radio mengundang Bagas Wicaksono untuk memberikan materi serta pelatihan mengenai teknik siaran. Bagas saat ini menjabat sebagai Music Director dan Program Director di radio JIS FM, Yogyakarta.

Pelatihan skill siaran terdiri dari tiga sesi. Sesi pertama adalah pemaparan materi dari Bagas Wicaksono mengenai dasar-dasar penyiaran radio. Sesi kedua yaitu pemaparan mengenai cara menyusun suatu program acara radio. Dalam sesi kedua, Bagas dan panitia memberikan tugas kepada seluruh anggota pelatihan untuk menyusun suatu program acara. Mulai dari nama program, konsep program, materi program, tagline, jam dan durasi siar, backsound dan lain sebagainya. Pada sesi ketiga seluruh anggota pelatihan mempraktekkan dan menyiarkan program acara yang telah mereka susun dan langsung dinilai oleh Bagas selaku pelatih.

“Aku sangat tertarik ketika mendapat kesempatan untuk menjadi pelatih, apalagi untuk berbagi soal dunia broadcasting, dimana itu merupakan hal yang aku sukai. Walaupun waktu untuk menyiapkan materinya sangat dadakan, tapi semua itu masih bisa diatasi lewat saling mengirim email”, terang Bagas seusai memberikan pelatihan bagi anggota AJR.

Tidak hanya bersemangat untuk berbagi ilmu, Bagaspun sangat mengapresiasi semangat dari anggota pelatihan yang antusias mengikuti pelatihan tersebut.

“Anak-anak AJR aku liat sangat welcome, antusias, dan juga smart, itu semua terbukti dari program-progam yang mereka buat. Ide-idenya luar biasa sekali, nama program, kontennnya juga luar biasa. Mereka dengan cepat dapat menerapkan apa yang aku maksud saat memberi materi. Saat pelatihan mereka juga banyak bertanya dan aktif”, tambah Bagas.

Melalui pelatihan tersebut, Bagas berharap Atma Jaya Radio dapat semakin berkembang ke tahap yang lebih baik. Dengan adanya pelatihan ini, anggota AJR juga diharapkan mampu memiliki ilmu dan semangat yang besar untuk terus berlatih dan mengembangkan kemampuan dalam bersiaran.

“Harapannya untuk anak AJR, semoga mereka bisa belajar banyak disini, sebelum kedepannya akan melangkah ke TV Nasional mungkin atau radio komersil. Nah ini adalah tempat teman-teman untuk membekali diri dengan baik. Saling berinteraksi, tenggang rasa satu sama lain, belajar membuat program dan juga dunia broadcasting. Ini memang hal yang bagus untuk mengawali bekal mereka kedepannya”, lanjut Bagas. (KA)

   

Comments are closed.